Minggu, 07 Oktober 2012

BAB 1 Konsep Aliran dan Sejarah Koperasi


BAB 1
Konsep,aliran,dan Sejarah Koprasi

Konsep Koprasi Barat
Konsep koprasi barat menyatakan bahwa koprasi merupakan organisasi swasta , yg di bentuk secara oleh suka rela oleh orang orang yang mempunyai persamaan kepentingan, dengan maksud mengurusi kepentingan para  anggotanya sserta menciptakan keuntungan timbal balik bagi anggota kopraasi maupun perusahaan koprasi
-          Jika di nyatakan secara negatif , maka koprasi  dala pengertian tersebut dapat di katakan sebagai “ organisasi bagi egoisme kelompok”.

Konsep Koprasi Sosialis
Konsep koprasi sosialis menyatakan bahwa koprasi di rencanakan dan di kendalikan oleh pemerintah , dan dibentuk dengan tujuan merasionalkan produksi , untuk menunjang perencanaan sosial.
Peran penting lain koprasi ialah sebagai wahana untuk mewujudkan kepemilikan kolektif sarana produksi dan untuk mencapai tujuan sosial politik.Menurut konsep ini, koprasi tidak berdiri sndiri tetapi merupakan subsistem dari sistem sosialisme untuk mencapai tujuan tujuan sistem sosialis-komunis.

Konsep Koprasi Negara Berkembang
Sementara itu di dunia ke 3 ,walaupun masih mengacu kepada kedua konsep tersebut , namun koprasi nya sudah berkembang dengan ciri tersendiri ,yaitu dominasi campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan nya,sehingga pengembangan koprasi di negara berkembang seperti di indonesia dengan TOP DOWN APPROACH pada aawal pembangunan nya dapat di terima .Dengan kata lain ,penerapan pola TOP DOWN APPROACH harus d ubah secara bertahap menjadi BOTTOM UP APPROCH.
Adanya campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan pengenmbangan koprasi di indonesia membuat nya mirip dengan konsep sosialis.Perbedaannya adalah, tujuan koprasi dalam konsep sosialis adalah untuk merasionalkan faktor produksi dari kepemilikan kolektif, sedangkan koprasi di negara berkembang sseperti di indonesia.tujuannya adlah meningkatkan kondisi sosial ekonomi anggotanya.


Latar Belakang Timbulnya Koprasi
Perbedaan aliran dalam koprasi berkaitan erat dengan faktor ideologi dan pandangan hidup (way of life ) yang di anut oleh negara dan masyarakat yang bersangkutan.Secara garis besar ,ideologi negara –negara di dunia ini dapat di kelompokan menjadi 3 :
-         Liberalisme
-         Sosialisme
-         Tidak termasuk liberalisme maupun sosialisme
Implementasi dari masing- masing ideologi ini melahirkan sistem perekonomian yang berbeda beda.Misalnya,ideoligi Pancasila dan sistem perekonomian yang termaktub dalam pasal  33 UUD 1945 akan mewarnai peran dan misi koprasi indonesia.

Keterlibatan Ideologi Sistem Perekonomian Dan aliran koprasi
Perbedaan ideologi suatu bangsa akan mengakibatkan perbedan sistem perekonomiannya dan tentunya aliran koprasi yang di anut pun akan berbeda.Sebaliknya,setiap sistem perekonomian suatu bangsa juga akan menjiwai sistem perekonomian dan ideologi bangsa tersebut.

Sejarah Perkembangan Koprasi
  Sejarah Lahirnya Koprasi
Koprasi modern yag brekembang dewasa ini lahir pertama kali di inggris ,yaitu  di kota Rohcdale pada tahun 1844.Pada awalnya ,koprasi Rochdale berdiri dengan usaha penyediaan barang barang  konsumsi untuk kebutuhan sehari hari .Pada tahun 1851 ,koprasi tersebut akhir nya dapat mendirikan sebuah pabrik dan mendirikan perumahan bagi angota anggotanya yang belum mempunyai rumah.Pada tahun 1852 jumlah koprasi di dengan nama The Cooperative Whole Sale Siciety(CWS) .Pada tahun 1945 CWS berhasil mempunyai lebih kurang 200 pabrik dengan 9000 orang pekerja.
THE WOMEN’s COOPERATIVE GUILD yg di bentuk pada tahun 1883 besar pengaruhnya terhadap perkembangan gerakan koprasi, di samping memperjuanngkan hak hak kaum wanita  sebagai ibu rumah tangga,warga negara,dan sebagai konsumen.Pada tahun 1919 didirikanlah cooprative Coolage di manchester yang merupakan lembaga pendidikan tinggi koprasi pertama.
Charles Fourier  (1772-1837) menyusun suatu gagasan untuk memperbaiki hidup masyarakat dengan membentuk  FAKANTERES ,suatu perkumpulan yang terdiri dari 300 sampai 400 keluarga yang bersifat komunal.
Louis Blank ( 1811-1880 )  dalam buku nya ORGANIZATION LABOUR menyusun gagasanaya lebih kongkret..dengan mengatakan bahwa persaingan merupakan  sumber keburukan ekonomi ,kemiskinan,kemerodotan moral,kejahatan,krisis industri,dan pertentangan nasioanal.untuk mengatasi nya , perlu didirikan SOCIAL WORK-SHOP (ETELIER SOCIAUX).
Dalam perjalanan sejarah,koprasi tumbbuh dan berkrmbang ke seluruh  dunia di samping badan usaha lainnya.Dengan terbentuknya ICA , maka koprasi telah menjadi suatu gerakan internasional.

      Sejarah Perkembangan Koprasi Di Indonesia
Menurut Sukuco dalam buku nya “ Seratus  Tahun Koprasi di Indonesia “, badan hukum koprasi pertama di indonesia adalah sebuah koperasi di leuwiliang, yang didirikan pada  tanggal 16 Desember 1895.
Pada hari itu, Raden  Ngaabei  Ariawiriaatmadja,Patih Purwo Kerto, bersama kawan kawan,telah mendirikan bank simpan-pinjam untuk menolong sejawatnya para pegawai negeri pribumi melepaskan diri dari cengkraman pelepas uang ,yang di kala itu merajalela. Bank simpan pnjam tersebut  , semacam Bank Tabungan jika dipakai istilah UU No. 14 Tahun 1967 tentang pokok pokok perbankan, diberi nama ,” De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Hoofden “.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar