Definisi 4 Tokoh Tentang Perilaku Konsumen
Menurut Loudon dan
Bitta (1995)
Mencakup proses pengambilan keputusan dan kegiatan yang dilakukan konsumen
secara fisik dalam pengevaluasian, perolehan, penggunaan dan mendapatkan barang
atau jasa.
· Menurut
Engel, Blackwell dan Miniard (1995)
Pemahaman terhadap perilaku konsumen mencakup pemahaman terhadap tindakan yang
langsung dilakukan konsumen dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan
produk dan jasa, serta termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti
tindakan tersebut.
· Menurut
Hawkins, Best dan Coney (2007)
Merupakan studi tentang bagaimana individu, kelompok atau organisasi melakukan
proses pemilihan, pengamanan, penggunaan dan penghentian produk, jasa,
pengalaman atau ide untuk memuaskan kebutuhannya terhadap konsumen dan
masyarakat.
· Menurut
Schiffman dan Kanuk (2007)
Merupakan studi yang mengkaji bagaimana individu membuat keputusan
membelanjakan sumber daya yang tersedia dan dimiliki (waktu, uang dan usaha)
untuk mendapatkan barang atau jasa yang akan dikonsumsi.
Kesimpulan :
Perilaku konsumen merupakan Individu, Kelompok atau
Organisasi yang mendasari konsumen untuk membuat pengambilang keputusan
REF : Dikutip dari Buku Perilaku Konsumen oleh Tatik
Suryani (Yogyakarta, 2008)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar