Kebutuhan Konsumen
A. Kebutuhan Konsumen
Kebutuhan dapat didefinisikan sebagai suatu
kesenjangan atau pertentangan yang dialami antara suatu kenyataan dengan
dorongan yang ada dalam diri. Apabila konsumen kebutuhannya tidak terpenuhi ia
akan menunjukkan perilaku kecewa, tetapi sebaliknya bila kebutuhannya terpenuhi
konsumen akan memperlihatkan perilaku gembira sebagai manifestasi rasa puasnya.
B.Kebutuhan Konsumen Menurut Abraham Maslow
Kebutuhan tersebut dijelaskan ke dalam 5 hal:
1. Fisiologis: kebutuhan akan makan, minum,
tempat tinggal, dan bebas dari sakit.
2. Keselamatan dan Keamanan: kebutuhan akan
kebebasan dari ancaman, yakni aman dari ancaman kejadian atau lingkungan.
3. Rasa memiliki, sosial, dan cinta: kebutuhan
akan teman, afiliasi, interaksi, dan cinta.
4. Harga diri: kebutuhan akan penghargaan diri
dan penghargaan dari orang lain.
5.Perwujudan diri: kebutuhan untuk memenuhi
diri sendiri dengan memaksimumkan penggunaan kemampuan, keahlian, dan potensi.
C. Kebutuhan Konsumen Menurut David Mc.
Clelland
Ada 3 macam kebutuhan manusia :
Dari McClelland dikenal tentang teori
kebutuhan untuk mencapai prestasi atau Need for Acievement (N.Ach) yang
menyatakan bahwa motivasi berbeda-beda, sesuai dengan kekuatan kebutuhan
seseorang akan prestasi. Menurut McClelland karakteristik orang yang
berprestasi tinggi (high achievers) memiliki tiga ciri umum yaitu sebuah
preferensi untuk mengerjakan tugas-tugas dengan derajat kesulitan
moderat; menyukai situasi-situasi di mana kinerja mereka timbul karena
upaya-upaya mereka sendiri, dan bukan karena faktor-faktor lain, seperti
kemujuran misalnya; dan menginginkan umpan balik tentang keberhasilan dan
kegagalan mereka, dibandingkan dengan mereka yang berprestasi rendah.
Refernsi
Materi PPT staff gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar